Jumat, 01 Oktober 2010

2210205013 - KONSEP 3 DIMENSI

  • ALUR PROSES GRAFIK 3D (1)

  • ALUR PROSES GRAFIK 3D (2)

Model 3D
  • Model : representasi objek atau sistem
  • Pemodelan : kreasi dan manipulasi representasi objek atau sistem
  • Model -> Render -> Display
  • Tipe Model
– Model Geometri
Penggunaan entitas geometri untuk menggambarkan objek
Contoh : garis, poligon, kurva, dll
– Model Descriptive
Representasi matematik atau konseptual
Contoh : persamaan dan deskripsi atribut
  • Representasi Pemodelan
– Constructive Solid Geometry (CSG) dan Hierarchical Modelling
– Hierarchical Modelling : model grafis yang disusun dari sejumlah model individual
– Hierarchical model melibatkan proses transformasi Alur Proses

Representasi


  • Representasi Objek 3D
– Representasi Batas
• Representasi Permukaan
• Facet poligon, permukaan spline dikonversi ke dalam bentuk jaring poligon
– Representasi Solid (Space partitioning)
• Representasi objek melalui sekumpulan set padat (kubus).

  •   Suatu Objek tersusun dari kumpulan poligon (facet).
  • Setiap permukaan dari poligon yang membentuk obje akan memuncukan garis Normal, yaitu vektor tegak lurus pada permukaan. Fungsinya untuk bayangan

Pengamatan 3D

 Bagaimana menetapkan ….
• Dari sudut mana kita memandang objek tersebut ?
• Dimana kita melihatnya objek tersebut ?
• Dengan cara seperti apa kita melihat objek tersebut ?
Pengamatan 3D menyerupai proses
pengambilan gambar melalui fotografi !






Analogi Kamera dan Transformasi :
•Transformasi Proyeksi Menyesuaikan lensa pada kamera Sudut pandang Paralel atau Proyeksi


Hidden Surface Removal

• Bagaimana cara kita menampilkan objek yang saling bertumpang tindih sehingga pada akhirnya hanya
bagian depan dengan pixel yang berkontribusi saja yang tampil ?
• Dapatkah kita melanjutkannya (memperbesar/memperkecil area yang bertumpang
tindih) dan menghindari rasterisasi yang tidak diperlukan ?
• Dapatkah kita menangani objek yang transparant dan semi-transparant ?


Illuminasi

• Illuminasi : Perpindahan energi (khusunya luminou flux dari cahaya yang terlihat) dari sumber cahaya k
permukaan dan titik-titik.
• Bagaimana kita memodelkan cahaya/sinar ?
• Bagaimana kita memodelkan pantulan dari permukaan yang dikenai cahaya
• Komponen Illuminasi :
– Sumber Cahaya
• Spektrum Daya Pancar/ Emittance Spectrum (Wa
• Geometry (posisi dan arah)
• Pelemahan Arah /Directional Attenuation
– Properti Permukaan/Surface Properties
• Spektrum Pantulan /Reflectance Spectrum (Warna) untuk beragam aspek illuminasi
• Geometry (posisi, orientasi,dan struktur mikro)
• Penyerapan



Bayangan

• Bayangan adalah proses penentuan warna dari semua pixel yang menutupi permukaan
menggunakan model illuminasi.
• Metodenya melliputi :
– Penentuan permukaan tampak pada setiap pixel
– Perhitungan normal pada permukaan
– Mengevaluasi intensitas cahaya dan warna menggunakan model illuminasi.
• Metode pembuatan bayangan cukup mahal, untuk membuatnya lebih efisien dilakukan melalui
kustomisasi untuk merepresentasikan permukaan yang spesifik.
• Jaring poligon secara umum sering digunakan untuk merepresentasikan permukaan yang kompleks.
• Informasi geometri yang tersedia hanyalah vertice dari poligon
• Interpolasi dari model bayangan dapat digunakan untuk meningkatkan substansi secara lebih efisien.

2 komentar:

  1. gak ada matematisnya? Mungkin terlalu jauh bagi saya yang memang gaptek. okelah kapan-kapan aku diajari ya.................

    BalasHapus
  2. sepertinya blender...udah komplit ya...untuk menggunakan software yang lain...gimana mas...yang ini apa bisa diterpkan juga....

    BalasHapus