- ALUR PROSES GRAFIK 3D (1)
- ALUR PROSES GRAFIK 3D (2)
Model 3D
• Penggunaan entitas geometri untuk menggambarkan objek
• Contoh : garis, poligon, kurva, dll
– Model Descriptive
• Representasi matematik atau konseptual
• Contoh : persamaan dan deskripsi atribut
– Hierarchical Modelling : model grafis yang disusun dari sejumlah model individual
– Hierarchical model melibatkan proses transformasi Alur Proses
- Model : representasi objek atau sistem
- Pemodelan : kreasi dan manipulasi representasi objek atau sistem
- Model -> Render -> Display
- Tipe Model
• Penggunaan entitas geometri untuk menggambarkan objek
• Contoh : garis, poligon, kurva, dll
– Model Descriptive
• Representasi matematik atau konseptual
• Contoh : persamaan dan deskripsi atribut
- Representasi Pemodelan
– Hierarchical Modelling : model grafis yang disusun dari sejumlah model individual
– Hierarchical model melibatkan proses transformasi Alur Proses
Representasi
- Representasi Objek 3D
– Representasi Batas
• Representasi Permukaan
• Facet poligon, permukaan spline dikonversi ke dalam bentuk jaring poligon
– Representasi Solid (Space partitioning)
• Representasi objek melalui sekumpulan set padat (kubus).
- Suatu Objek tersusun dari kumpulan poligon (facet).
- Setiap permukaan dari poligon yang membentuk obje akan memuncukan garis Normal, yaitu vektor tegak lurus pada permukaan. Fungsinya untuk bayangan
Pengamatan 3D
Bagaimana menetapkan ….
• Dari sudut mana kita memandang objek tersebut ?
• Dimana kita melihatnya objek tersebut ?
• Dengan cara seperti apa kita melihat objek tersebut ?Pengamatan 3D menyerupai proses
pengambilan gambar melalui fotografi !
Analogi Kamera dan Transformasi :
•Transformasi Proyeksi Menyesuaikan lensa pada kamera Sudut pandang Paralel atau Proyeksi
Hidden Surface Removal
bagian depan dengan pixel yang berkontribusi saja yang tampil ?• Dapatkah kita melanjutkannya (memperbesar/memperkecil area yang bertumpang
tindih) dan menghindari rasterisasi yang tidak diperlukan ?• Dapatkah kita menangani objek yang transparant dan semi-transparant ?
Illuminasi
permukaan dan titik-titik.• Bagaimana kita memodelkan cahaya/sinar ?
• Bagaimana kita memodelkan pantulan dari permukaan yang dikenai cahaya
• Komponen Illuminasi :
– Sumber Cahaya• Spektrum Daya Pancar/ Emittance Spectrum (Wa
• Geometry (posisi dan arah)
• Pelemahan Arah /Directional Attenuation
– Properti Permukaan/Surface Properties• Spektrum Pantulan /Reflectance Spectrum (Warna) untuk beragam aspek illuminasi
• Geometry (posisi, orientasi,dan struktur mikro)
• Penyerapan
Bayangan
• Bayangan adalah proses penentuan warna dari semua pixel yang menutupi permukaan
menggunakan model illuminasi.• Metodenya melliputi :
– Penentuan permukaan tampak pada setiap pixel
– Perhitungan normal pada permukaan
– Mengevaluasi intensitas cahaya dan warna menggunakan model illuminasi.• Metode pembuatan bayangan cukup mahal, untuk membuatnya lebih efisien dilakukan melalui
kustomisasi untuk merepresentasikan permukaan yang spesifik.• Jaring poligon secara umum sering digunakan untuk merepresentasikan permukaan yang kompleks.
• Informasi geometri yang tersedia hanyalah vertice dari poligon
• Interpolasi dari model bayangan dapat digunakan untuk meningkatkan substansi secara lebih efisien.
gak ada matematisnya? Mungkin terlalu jauh bagi saya yang memang gaptek. okelah kapan-kapan aku diajari ya.................
BalasHapussepertinya blender...udah komplit ya...untuk menggunakan software yang lain...gimana mas...yang ini apa bisa diterpkan juga....
BalasHapus