Texture merupakan visualisasi permukaan benda yang dijadikan sebagai ciri khas benda itu sendiri, seperti lahan terbuka(terrain), tumbuhan, mineral, kulit dan lain sebagainya. Dalam komputer grafik 3 dimensi (3D), texture merupakan gambar digital yang ditempelkan pada permukaan model 3D untuk menambah kesan realistis pada model 3D. Salah satu cara pembuatan texture adalah menggunakan teknik sintesa texture. Teknik ini dapat membuat texture dengan berbagai ukuran dan terlihat halus, pembuatan ini dilakukan dengan menggunakan gambar kecil yang diambil dari gambar buatan komputer atau gambar scane photo alam. Gambar 1 merupakan salah satu contoh hasil sintesa texture menggunakan gambar kecil untuk membuat texture yang berukuran lebih besar.
Gambar1. Contoh Sintesa texture
Algoritam-algoritma yang dibuat untuk sintesa texture harus memenuhi kriteria berikut ini:
- Ukuran hasil keluarannya harus sesuai dengan yang diinginkan.
- Hasil keluaran harus mirip dengan gambar input yang digunakan.
- Hasil keuaran tidak boleh menampilkan efek pecah/kotak/pembatas(artifact).
- Struktur keluaran tidak boleh berulang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar