Senin, 25 Oktober 2010

2210205022 - Membuat Langit yang Realistik Dalam Game 3D

Screenshot game Halo
Pernahkah anda bermain game 3D dengan tampilan langit yang seperti nyata? Dengan awan yang bergerak? Matahari dan bulan yang bersinar? Ada pergantian siang dan malam? Seolah-olah tak terbatas? Sebagian dari kita yang pernah memainkan game seperti itu mungkin akan berdecak kagum, lalu bertanya, bagaimana cara membuatnya?



Untuk membuat langit berbentuk globe yang melingkupi seluruh tempat, maka dunia game diletakkan di dalam sebuah bola yang diberi tekstur langit. tekstur digambar di kulit dalam bola, sehingga langit terlihat pada dunia game.

Bagaimana dengan awan yang bergerak? Ternyata animasi awan bergerak dapat dibuat dengan menambahkan sebuah globe yang lebih kecil di dalam globe langit. Dengan menggambar tekstur awan, membuat globe transparan, lalu merotasikan globe tersebut, akan tercipta tipuan mata seolah-olah awannya yang bergerak. Metode yang sama dapat diterapkan untuk membuat matahari dan bulan.

Bagaimana pencahayaannya? Bukankah jika dunia game berada di dalam globe, tidak ada cahaya yang dapat masuk? Caranya adalah dengan membuat sumber cahaya di dalam globe, yang diletakkan pada tekstur matahari atau bulan dan terus mengikuti gerakan keduanya.



Untuk memberikan perasaan bahwa langit buatan ini tidak terbatas, maka globe harus ikut bergerak sesuai dengan pemain, sehingga pemain tetap berada di tengah globe.

Masih banyak lagi yag dapat dilakukan untuk membuat langit yang realistik, seperti menambahkan bintang, efek petir, tergantung pada kreativitas kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar