Senin, 25 Oktober 2010

2210205023 (Membuat model lumba-lumba dengan blender)


Pada tulisan ini, saya akan menjelaskan konsep-konsep dasar dari salah satu model 3D. Model 3D yang akan dibuat disini adalah model lumba-lumba. Untuk membuat suatu model 3D, memerlukan beberapa tahapan, yaitu:

1. Konsep

Disini kita buat suatu konsep mengenai apa model yang ingin kita buat. Misalkan kita akan membuat sebuah lumba-lumba, maka kita bayangkan seperti apa lumba-lumba yang akan kita buat. Untuk memudahkannya, kita bisa mencari gambar lumba-lumba di internet lalu kita pelajari. Misalkan lumba-lumbanya seperti ini:

2. Memodelkan bentuk dasar
Dalam membuat suatu model dengan aplikasi permodelan, biasanya kita awali dengan membuat sebuah model dasar. Dari model dasar ini kita kembangkan menjadi model yang akan kita buat (lumba-lumba). Model dasar dari lumba-lumba adalah sebuah lingkaran, atau sphere.
3. Mengembangkan model dasar
dari model dasar, kita lakukan pengembangan-pengembangan. Pengembangan ini menggunakan prinsip-prinsip geometri, seperti penskalaan, rotasi, translasi, maupun dilatasi. Dengan aplikasi 3d modeling semua hal tersebut jadi mudah dilakukan.

4. Memberikan tekstur ke model
Jika kerangka model sudah dibuat, maka kita tambahkan tekstur kepada model ini. Tekstur yang diberikan harus sesuai dengan karakteristik model yang kita buat. Misalkan lumba-lumba, corak warnanya adalah abu-abu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar