Senin, 20 September 2010

Kuliah Pemodelan 3d Ke 1





Pemodelan 3D.
Tujuan : Memindahkan Informasi 3D ke Koordinat layar 2D.

Sistem Koordinat :
Koordinat Layar
Layar berupa larik atau array dua dimensi yang berisi baris dan kolom. Tempat kedudukan titik dalam layar dinyatakan dalam posisi titik tersebut pada baris dan kolom.
Tempat kedudukan titik dalam layar dinyatakan dalam posisi baris dan kolom.
 


Koordinat Kartesian
Sistem koordinat yang kita kenal adalah sistem koordinat kartesian.  Sistem Koordinat Kartesian 2D
Sistem Koordinat kartesian 2D mempunyai dua sumbu. Sumbu pertama adalah sumbu X dengan arah horisontal dan sumbu kedua adalah sumbu Y dengan arah vertikal. pertemuan ke dua buah tersebut disebut sebagai pusat sumbu yang digunakan sebagai acuan.
Sistem Koordinat Kartesian 3D
Sistem koordinat kartesian 3D mempunyai 3 buah sumbu yang disebut sebagai sumbu X,Y dan Z. ketiga buah sumbu tersebut masing-masing saling tegak lurus dan berpotongan pada suatu titik. Titik potong ketiga sumbu tersebut disenut sebagai pusat sumbu.
Tempat Kedudukan Titik Pada Sistem Koordinat Kartesian.
Tempat kedudukan suatu titik pada sistem koordinat kartesian dinyatakan dalam posisi tersebut pada arah masing-masing sumbu.

1 komentar:

  1. saya tadi mengikuti perkuliahan bapak dan dapat ilmu baru dari bapak....mudah-mudahan kedepan dapat bermanfaat...matur nuwun

    Abdullah (mhs S2 Game Tek)

    BalasHapus