Sistem Koordinat Pemrograman dan Layar serta Transformasi
Pada  saat membuat program komputer yang membutuhkan tampilan dilayar maka  terdapat 2 sistem koordinat yang dikenal yaitu sistem koordinat layar  dan sistem koordinat programan. Sistem koordinat layar adalah tempat  untuk meletakkan objek ke layar komputer. Sedang sistem koordinat  pemrograman adalah koordinat yang ada didalam logika pemrogramaan,  biasanya diapresiasikan dalam bentuk array atau baris.
Sistem  koordinat layar mengikuti resolusi dari monitor yang digunakan serta  media kanvas yang digunakan sebagai objek. Ukuran dari monitor ada mulai  dari 800 x 600, 1280 x 1024 pixel, ini tergantung monito yang  digunakan. Semakin besar resolusi yang digunakan maka semakin besar pula  kanvar yang dipakai. Koordinat layar mengikuti aturan kolom dan baris  jadi dimulai dari sudut kiri atas sebagai koordianat 0,0 sedangkan sudut  kanan bawah adalah koordinat masimal.
Sistem  koodinat pemorgraman biasanya menggunakan array atau larik. Array yang  digunakan bisa mulai dari 1 dimensi, 2 dimensi 3 dimensi bahkan lebih.  Array biasanya juga menggunakan sistem baris dan kolom.
Kenapa  sistem koordinat pemrograman harus dikonversikan kedalam sistem  koordinat layar jika sama-sama menggunakan konsep baris dan kolom?
Hal  ini dikarenakan jika menampilkan sebuah gambar maka gambar tersebut  akan menempati minimal 10x10 pixel agar bisa dilihat, jika hanya 1 pixel  saja maka tidak terlihat sebagai gambar tetapi terlihat sebagai titik.  Padahal jika kita menggerakkan gambar kekanan 1 satuan, maka harus  diterjemakan ke koordinat layar misalnya gambar tersebut 10 x10 maka  dilayar akan bergerak sebesar 10 pixel, ini berlaku kelipatan. Hal ini  harus dibuat fungsi koversinya agar programer tidak usak memikirkan  posisi dilayar.
Transformasi
 Transformasi  adalah perubahan, pada bentuk geometri terdapat bentuk-bentuk  transformasi diantaranya ada pergeseran atau translasi, skala atau  perbesaran dan  perputaran atau rotasi. Transformasi dapat dirumuskan  secara matematis sebagai berikut:
 Translasi
X' = X + ∆X
Y' = Y + ∆Y
Skala
X' = X * Skala
Y' = Y * Skala
Rotasi
X= r Cos (B)
Y= r Sin (B)
X'= r cos (A+B)
Y'= r Sin (A+B)
X'= r Cos (A+B)
= r Cos (A) Cos (B) – r sin (A) Sin (B)
= X Cos (A) – Y sin (A)
Y'= r Sin (A+B)
= r Sin (A) Cos (B) + r Cos (A) sin (B)
= X Sin (A) + Y Cos (A)
Pak Akok ini tugas saya
BalasHapuskalau pada televisi semakin besar ukuranya semakin kasar gambarnya...dan sebaliknya...ada hubungan apa tidak dengan faktor/matrik skala...ada solusi nggak pak...
BalasHapus