Senin, 22 November 2010

2210205026 (Modeling Rumput)


MODELING RUMPUT DENGAN 3DS MAX
Untuk membuat modeling rumput dengan menggunakan 3 DS Max :
Langkah awal yang kita lakukan adalah membuat objek rumput didalam viewport, untuk membuat objek tersebut ada langkah-langkah sebagai berikut :
Siapkanlah lembar kerja untuk mendesain objek rumput dan bebatuan yang ada disekitar kita lalu klik tombol plane dan buat objek didalam top viewport berbentuk persegi empat.
Berikutnya klik  tab modify untuk mengedit plane pada parameter rollout dengan nilai length 200, width 300 ,length segs 16 dan with segs 16 ubah nama plane dengan ground lalu tekan tombol enter.
Kita tekan tombol cylinder, klik pada pusat sumbu simetri di top viewport dan buat lingkaran kecil tengahnya pada pusat sumbu simetri persegi, klik modify lingkaran tadi pada parameter dengan nilai radius 10, height 50, height segmens 3 .
Pilih modifier list pada jendela sisi kanan klik taper dan bagian parameter roollout , ubah nilai  amount  2 , curve -2 kemudian klik objek silinder pada perspective viewport, klik kotak standar primitif pilih compound objek kalau sudah kita klik tombol scatter.
Pada tombol scatter pilih pick distribution objek  dan klik objek plane yang ada dipersepective viewport , geser roollout sisi kanan sampai menemukan source objek parameters nilai duplicates 500, base scale 100, vertek chaos 5 lalu  tekan enter.
Untuk menciptakan material rumput kita masukkan editor slot material tekan tombol kanan diffuse lalu klik bitmap pilih file yang berisi tekstur bebatuan .
Kemudian tekan tombol enter untuk membuka file bertektur bebatuan seperti material, klik ikon select by name  yang ada pada toolbar paling kiri , pilik klik ground.
Untuk ikon assign material to selection , klik show map in viewport pilih modify list UVW map dan ubah dengan grass pilih warna hijau tua , tekan tombol select memilih objek silinder klik assign material to selection pilih opsi wire.
Proses render scene yang ada pada toolbar tekan tombol 800 x 600 lalu menekan  tombol render sampai kita tunggu hasil proses render selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar