Senin, 22 November 2010

2210205025(Program Browser WordNet (versi Offline))



Berikut merupakan tampilan awal dari browser offline WordNet.

Lalu, semisal saya masukkan kata ‘bad’, maka tampilan akan berubah menjadi seperti di bawah ini.
 Dari gambar di atas, kita dapat mengetahui, bahwa kata ‘bad’ ternyata memiliki 3 kelas kata sekaligus, yaitu Noun, Adjective, dan Adverb. Setiap synset untuk tiap kelas kata dipisahkan sesuai dengan kelas. Angka yang mengawali suatu synset dalam tanda kurung merupakan penanda jumlah kemunculan sense tersebut dalam suatu corpus (teks berukuran besar yang biasanya digunakan untuk data training dalam bidang NLP) sekaligus penanda sense ordering, di mana sense yang paling atas merupakan sense yang paling sering digunakan (berdasarkan data dari corpus yang digunakan).
Jika kita perhatikan lagi, terdapat 3 tombol di bagian ‘Searches for bad’, yaitu Noun, Adjective, dan Adverb sesuai dengan kelas katanya. Jika button ini ditekan, maka akan menampilkan jenis relasi lain yang dimiliki oleh synset tersebut. Misalkan saja, untuk noun, berikut merupakan contohnya.

 Dari gambar di atas, kita dapat mengakses relasi lain nya, seperti antonim, hypernim, hyponim, dan lain-lain.
Untuk relasi hipernim, maka WordNet akan menunjukkan relasi dari suatu benda hingga ke synset yang paling atas (sudah tidak memiliki hipernim lagi), yaitu ‘Entity’. Contohnya dapat dilihat di bawah ini, di mana kata yang dicari hipernimnya adalah ‘Tiger’ atau harimau.
 Dari gambar di atas, kita dapat mengetahui bahwa harimau (tiger dengan sense ke 2), merupakan turunan dari synset {big cat, cat}, {feline, felid}, {carnivore} dan seterusnya, sampai kepada {entity} yang merupakan synset paling dasar dari sistem WordNet ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar